Saturday, May 6, 2017

Au Pair



           photos by http://zdgrupp.com/tin-tuc-chung

Tak jarang menjadi Au Pair dijadikan sarana oleh beberapa orang Indonesia untuk melakukan persiapan pendidikan maupun materi sebelum melanjutkan kuliah di Luar negeri.

Karena para Au Pair banyak mendapatkan fasilitas gratis, tak jarang uang bulanan mereka ditabung untuk TRAVELLING. Jadi, jangan heran apabila banyak dari para Au Pair yang melakukan travelling di berbagai negara.


Au Pair berasal dari bahasa Perancis yaitu “On a pair” yang di dalam bahasa Indonesia artinya sejajar dengan Balas Jasa.

What is Au Pair?
Au Pair adalah sebuah program yang ditujukan bagi para pemuda/i, siswa/i yang berusia 18-30 tahun (ketentuan setiap negara berbeda-beda lihat list dibawah) yang mempunyai kemampuan minimal bahasa inggris oral dengan baik, single dan tidak atau belum mempunyai anak.

What kind of program ?
Au Pair atau dengan kata lain yaitu asisten domestic dari pada salah satu keluarga orang asing. Kalian akan bekerja dan tinggal bersama keluarga angkat kalian atau yang biasa disebut dengan host family. Kamu akan dianggap sebagai anak angkat dan menjadi bagian dari keluarga mereka.

What I must to do ?
Selama kalian tinggal bersama hostfam, kalian harus membantu mengurus anak-anak mereka. Misalnya mulai dari antar jemput sekolah, menyiapkan bekal makanan dll.
Tidak jarang para hostfam, meminta bantuan kepada para Au Pair  untuk sedikit membantu pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring. KENAPA? Karena kalian akan tinggal bersama keluarga yang sibuk-super sibuk sehingga mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk stay bersama anak-anak mereka dan juga melakukan pekerjaan rumah tangga. Tapi ini semua kembali dari pada kesepakatan kalian dengan hostfam.

What will I get?
Menjadi Au Pair kalian akan mendapatkan banyak fasilitas berupa kamar pribadi gratis, makan gratis, sometimes uang jajan gratis, gaji bulanan dsb. Selama menjadi Au Pair kalian juga akan disekolahkan berupa sekolah bahasa dari negara hosfam. Misal, apabila kalian menjadi Au Pair di Perancis, maka kalian akan disekolahkan bahasa Perancis. Apabila kalian menjadi Au Pair di Belanda, kalian akan disekolahkan bahasa Belanda, dsb. Perlu kalian ketahui bahwa biaya sekolah ini ditanggung sepenuhnya oleh sang hostfam alias gratis.

How about the documents and the tickets air plaine?
Untuk pergi ke Luar Negeri, tentunya kita akan berurusan dengan pembuatan visa, passport bagi yang belum punya, dokumen-dokumen untuk pendaftaran sekolah bahasa, SIM kendaraan bagi yang akan menggunakan, tiket pesawat dll.
1.     Passport, kalian wajib mempunyai passport. Biasanya biaya passport ditanggung oleh kita sendiri. Namun, tidak jarang ada juga hostfam yang membantu kita dalam masalah pembiayaan.
2.     Visa, tak jarang para hostfam membantu kita dalam pengajuan pengurusan visa tsb mulai dari biaya dsb. Ada juga beberapa hostfam yg  memilih menggunakan jasa agen untuk membantu para calon Au Pairnya dalam proses ini.
3.     SIM kendaraan atau SIM International, beberapa hostfam menginginkan kalian mempunyai minimal SIM B (SIM mobil International) agar dapat menjemput dan mengantar anak-anak mereka dengan mobil yang telah disediakan.
4.     Tiket pesawat, ada beberapa hostfam yang hanya akan menanggung biaya tiket pesawat keberangkatan saja. Ada juga beberapa hostfam yang akan menanggung biaya PP tiket pesawat kalian. Ini tergantung dari pada perjanjian.

Where can I apply?
Untuk menjadi Au Pair ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan:
1.     Agen, sayangnya yang saya ketahui bahwa di Indonesia belum ada aturan resmi berupa perundang-undangan mengenai Au Pair. 
Untuk Negara Perancis kalian bisa buka Union Française des Agences Au Pair (http://www.ufaap.org/). Untuk agency ke Perancis ini, saya belum pernah mencoba, tapi agency ini sendiri direkomendasikan oleh CAMPUS FRANCE. Campus France adalah Badan Nasional untuk promosi pendidikan tinggi Prancis di Luar Negeri.

2.     Website/Internet, Au Pair World adalah nama website yang banyak di rekomendasikan yang lebih terjamin untuk para calon Au Pair. Disini peran mandiri lebih banyak dibutuhkan, mulai dari isi data-data hingga kecermatan dan ketelitian kalian sangat diperlukan.

Berikut adalah list beberapa negara beserta syarat usia yang menerima program Au Pair:

1.     Afrika Selatan : 18-24 tahun
2.     Amerika          : 18-26 tahun
3.     Australia         : 18-30 tahun
4.     Austria            : 18-28 tahun
5.     Belanda           : 18-25 tahun
6.     Belgia              : 18-26 tahun
7.     China               : 18-29 tahun
8.     Denmark        : 17-29 tahun
9.     Finlandia        : 17-30 tahun
10. Inggris             : 17-27 tahun
11. Irlandia           : 18-27 tahun
12. Italia                : 18-30 tahun
13. Jerman            : 18-24 tahun
14. Norwegia        : 18-30 tahun
15. Prancis            : 18-30 tahun
16. Swedia             : 18-30 tahun
17. Swiss                : 18-30 tahun
18. Spanyol           : 18-27 tahun
19. Turki                : 18-31 tahun

-->

No comments:

FACEBOOK

ANOTHER

Translate